Kamis, 25 November 2010

Warga Negara menurut Pikiran Anak Mamah

Warga negara itu meliputi individu-individu yang berkumpul di suatu daerah dan saling mengadakan interaksi baik sosial maupun budaya. warga negara memiliki keterkaitan terhadap negaranya yang merupakan tempat tinggal mereka. Antara warga dan negaranya memiliki hubungan timbal balik seperti warga negara wajib membayar pajak, jika warga sudah membayar pajak maka ia berhak menerima timbal balik dari negara berupa fasilitas dan pelayanan masyarakat. Dalam konteks kewarganegaraan, warga negara memiliki pengertian yaitu warga indonesia dan warga asing yang bertempat tinggal di wilayah indonesia dan mengakui kedaulatan NKRI, dan juga mengikuti tata tertib yang berlaku. warga negara indonesia wajib mengikuti aturan yang dditerapkan di negaranya. Seperti aturan kewajiban membayar pajak yang tercantum dalam undang-undang.
Permasalahan mengenai warga negara misalnya ke tidak patuhan warga negara terhadap keputusan yang sudah ditetapkan oleh negara. Permasalahan ini sangat kompleks, karena masing-masing pihak merasa benar. Misalnya saja protes mengenai kenaikan harga, warga negara selaku individu yang diatur merasa keberatan dengan adanya kenaikan harga karena melihat perekonomian yang semakin sulit sekarang ini, namun negara juga merasa bahwa kebijakan yang diterapkan itu perlu untuk meningkatkan kesejahteraan warganya.
Permasalahan diatas harus ditangani dengan bijaksana agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Untuk itu dari pihak yang membuat kebijakan juga harus lebih memikirkan warga negaranya. Dan juga warga negara sebisa mungkin menuruti kebijakan yang sudah dibuat.
Jadi baik warga negara maupun negara harus saling memikirkan satu sama lain agar tercipta hubungan yang baik antar keduanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar