Rabu, 07 Maret 2012

BACKBONE NETWORK MAKIN DIPERLUKAN

Dewasa ini kebutuhan untuk pemakaian jaringan computer diberbagai perusahaan semakin meningkat. Jaringan computer tersebut digunakan sebagai infrastruktur utama dalam alur informasi perusahaan dalam penerapannya banyak perusahaan memulainya dengan membangun jaringan computer sekmen tunggal untuk menghubungkan computer-komputer yang terdapat pada suatu departemen atau devisi dalam perusahaan tersebut.

Setelah jaringan masing-masing departemen terbentuk maka mulai timbul kebutuhan untuk menghubungkannya satu sama lain agar data dan informasi yang terdapat dalam suatu departemen atau sekmen tertentu menjadi satu kesatuan. Secra sederhana masing-masing jaringan dapat dihubungkan dengan menggunakan peripheral penghubung, seperti hubungan bridge, Router atau Gateway.

Namun pengintegrasian jaringan-jaringan local tersebut membutuhkan media yang memiliki kemampuan, keamanan, dan kecepatan yang tinggi yang dapat mempertahankan bahkan meningkakan kinerja jaringan tersebut. Oleh karena itu dirancanglah suatu Bacbone Network berkecepatan tinggi yang mampu menghubungkan beberapa jaringan local yang masing-masing memiliki kecepatan rendah melalui sebuah Gateway.

Keuntungan yang dapat dipetik dari penggunaan Backbone Network ini adalah kemampuan jaringan menjadi lebih tinggi, instalasi lebih sederhana dan mudah. Hanya saja penggunaan Backbone Network ini memerlukan biaya yang tinggi, baik untuk instalasi maupun perawatannya.

Adapun teknologi yang digunakan untuk membangun suatu Backbone Network antara lain adalah Bridge Backbone Ring, Cyber Distributed, Data Interface (FDDI) dengan kecepatan 100 Mbps, system dual Ring dengan protocol MAC Token Ring, Asyncronos Transfer Mood (ATM), Local Switch atau Public Switch.

Sedangkan alasan yang mendasari digunakannya Backbone Network ini antara lain adalah semakin meningkatnya kebutuhan interkoneksi antar jaringan local, meningkatkan kecepatan transfer data, Grafis, Video, dan Audio, karena kecepatan transfer data Backbone Network berbasis FDDI dapat mencapai 100Mbps, konsep instalasi dan manajemen jaringan tulang punggung lebih sederhana tetapi jarak jangkau dapat lebih luas dan jauh, backbone network dapat meningkatkan kemampuan dan mengatasi Bottle Neck Transfer, Backbone network dengan system Dual ring pada FDDI memiliki Fault Tolerance (ketahanan kegagalan) yang lebih tinggi.


(Buku Kamus++ jaringan komputer, penulis : Budi Sutedjo Dharma Oetomo,S.Kom.,MM Penerbit : ANDI Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar