Selasa, 07 Desember 2010

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Pelapisan sosial dan kesamaan derajat

Pelapisan sosial merupakan penggolongan kelompok masyarakat kedalam beberapa lapisan yang digolongkan berdasarkan berbagai macam aspek, contohnya dari aspek perekonomian. Dalam kenyataannya didalam lingkungan sekitar kita telah terjadi pelapisan social yang terdiri dari lapisan bawah atau rendah yang meliputi penduduk miskin, lapisan menengah yang meliputi penduduk menengah, dan lapisan tertinggi yang meliputi penduduk kaya dan memiliki kekuasaan. Menurut saya, dengan adanya pelapisan sosial dikalangan masyarakat akan memicu adanya hak istimewa yang akan dituntut oleh masyarakat pada lapisan tertinggi karena merasa mereka istimewa. Sedangkan lapisan terendah terkadang menjadi korbannya.

Jika kita mengkaji mengenai adanya pelapisan sosial maka kita akan memperoleh kenyataan bahwa pelapisan sosial bisa terjadi dengan sendirinya, dengan kata lain pelapisan tersebut diciptakan oleh individu itu sendiri sesuai dengan perkembangannya, dan juga bisa terjadi dengan sengaja untuk mencapai tujuan bersama misalnya saja untuk mencapai kesejahteraan kita memerlukan adanya pelapisan sosial sehingga memudahkan pihak yang berwenang untuk mengambil keputusan yang paling baik.

Pada saat kita membahas mengenai pelapisan sosial maka kita akan menemukan mengenai kaum elit yang dalam hal ini merupakan masyarakat lapisan trtinggi. Kaum elit memiliki peranan yang sangat berpengaruh terhadap massa, karena banyak kejadian masyarakat lapisan rendah dan menengah akan tunduk pada kaum elit ini karena mereka memiliki kekuasaan. Tak jarang ada kaum elit yang memanfaatkan kekuasaannya itu untuk menghasut masyarakat lapisan rendah bahkan menengah agar tujuannya tercapai. Dengan adanya permasalahan tersebut maka terlihat bahwa kaum elit memiliki peranan yang kuat terhadap masa. Tak jarang pula para pihak yang berwenang harus mendekati para kaum elit ini terlebih dahulu untuk mendapat simpatik dari masyarakat lapisan rendah dan menengah yang pada saat ini jumlahnya lebih banyak dari pada kaum elit.
Kaum elit juga memiliki peranan dalam memegang strategi, hal ini terjadi dikarenakan kaum elit memiliki kekuasaan, sehingga mereka dapat mengatur yang menurut mereka harus terjadi dengan memanfaatkan kekuasaan yang mereka miliki.

Jadi dapat disimpulkan bahwa walaupun terdapat pelapisan sosial terjadi di lingkungan kita, kita tidak boleh lupa bahwa kita memiliki kesamaan derajat sebagai manusia yang sama-sama memiliki akal pikiran untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk untuk kita jalani, dan alangkah bijaknya jika kita bisa mengarahkan pelapisan sosial ini pada kesamaan derajat, agar tercipta kehidupan yang tentram dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar