Minggu, 20 Februari 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Ini merupakan tugas pertama saya untuk mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, saya mengharapkan tulisan saya ini tidak hanya berguna bagi saya tapi juga bagi pembaca semua. Tulisan saya kali ini membahas mengenai manusia dan kebudayaan.
Seperti yang kita semua sudah ketahui, bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang hidup secara berkelompok untuk menjalin hubungan antar sesama manusia. Manusia merupakan makhluk hidup yang lebih tinggi derajatnya dibandingkan makhluk hidup lainnya, seperti hewan maupun tumbuhan, karena manusia diberi kelebihan berupa akal pikiran yang dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Manusia dikatakan makhluk sosial karena sifatnya yang saling membutuhkan satu sama lain. Misalnya saja dalam kegiatan gotong royong. Dengan sifatnya sebagai makhluk sosial tersebut sering terjadi permasalahan antar manusia misalnya saja masalah perbedaan pendapat yang tidak menutup kemungkinan terjadi perpecahan antar kelompok. Untuk itu perlu adanya sikap saling pengertian antar manusia agar tercipta keadaan saling menghargai yang kemudian akan tercipta perdamaian.
Manusia tidak bisa hidup sendiri, oleh karena itu biasanya mereka akan membentuk kelompok-kelompok menurut kesamaan bahasa, suku, bahkan warna kulit mereka. Dengan begitu terciptalah yang disebut perbedaan suku, bangsa, dan bahasa. Tapi perbedaan itu tidak bisa di elakkan karena Alloh SWT memang menciptakan manusia dengan sifat dan rupa masing-masing. Jadi kita tidak perlu mempermasalahkannya.
Pada dasarnya kebudayaan dibagi menjadi dua bagian, yaitu kebudayaan barat dan kebudayaan timur. Kedua kebudayaan ini dibentuk berdasarkan letaknya. Negara tercinta kita INDONESIA menganut kebudayaan timur, dimana kebudayaan timur merupakan budaya yang bisa disebut juga budaya yang religius, manusia yang menganut budaya timur biasanya berfikir tidak hanya dari segi ilmu pengetahuan tapi juga dari segi logika. Berbeda dengan budaya barat yang dikenal sebagai budaya yang penuh dengan kebebasan, baik kebebasan berfikir, bersikap, dan pergaulan.
Kita sering membeda-bedakan antar kedua budaya tersebut, tapi kita tetap harus melihat perbedaan tersebut secara bijak.
Manusia dan kebudayaan memiliki keterkaitan yang besar karena kelompok-kelompok manusia yang terbentuk akan menghasilkan kebudayaan masing-masing. Perbedaan kebudayaan ini seharusnya jangan jadi alasan terjadinya pertengkaran apalagi perpecahan antar manusia karena keanekaragaman kebudayaan ini akan membuat kita lebih kaya, apa lagi di Indonesia tertanam istilah Bhineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu.
Jadi marilah kita pererat tali silaturahmi antar sesame manusi walaupun kita berbeda suku dan bahasa bahkan mungkin berbeda kebudayaan.
Sekian tulisan saya kali ini, mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam tulisan ini.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar