Rabu, 07 Maret 2012

WEB

World Wide Web (WWW), lebih dikenal dengan web, merupakan salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet.
Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam Internet, dengan menggunakan teknologi hyperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilka dalam browser web.
Kini internet identik dengan web, karena kepopuleran web sebagai standar interface pada layanan-layanan yang ada di internet, dari awalnya sebagai penyedia informasi, kini digunakan juga untuk komunikasi dari email sampai dengan chatting, sampai dengan melakukan transaksi bisnis (commerce).
Kini, web seakan lebih popular dari pada email, walaupun secara statistic email masih merupakan aplikasi terbanyak yang digunakan oleh pengguna Internet. Web lebih popular bagi khalayak umum dan pemula, terutama untuk tujuan pencarian informasi dan melakukan komunikasi email yang menggunakan web sebagai interface-nya.
Internet identik dengan web, karena popularitasnya sebagai penyedia informasi dan interface yang dibutuhkan oleh pengguna Internet dari masalah informasi sampai dengan komunikasi. Web memudahkan pengguna computer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainnya dan menelusuri informasi di internet.
Selain itu web telah diadopsi oleh perusahaan sebagai sebagian dari strategi teknologi informasinya, karena beberapa alasan, yaitu :
• Akses informasi mudah
• Setup server lebih mudah
• Informasi mudah untuk didistribusikan, dan
• Bebas platform.

Sekilas lahirnya Web

Tahun 1993 Tim Berners-Lee dan peneliti lain di European Particle Pysics Lab (Consei Europeen pour la Recherche Nucleaire, atau CERN) di Geneva, Swiss,mengembangkan suatu cara untuk men-share data antar koleganya menggunakan sesuatu yang disebut dengan hyperteks. Pemakai di CERN dapat menampilkan dokumen pada layar computer dengan menggunakan software browser baru.
Kode-kode khusus disisipkan ke dalam dokumen elektronik ini, memungkinkan pemakai untuk meloncat dari satu dokumen ke dokumen lainnya pada layar dengan hanya memilih sebuah hyperlink.
Kemampuan internet dimasikan ke dalam browser ini sehingga loncat dari satu dokumen ke dokumen lain, tidak lagi dari satu computer saja, tetapi dapat meloncat ke dokumen lain yang letaknya pada computer remote.
Seorang peneliti dapat juga mengirimkan sebuah file dari computer remote ke system lokalnya atau log in ke dalam suatu system remote hanya dengan mengklik hyperlink, tidak perlu melalui mekanisme FTP atau Telnet. Jalan pintas CERN digunakan sebagai dasar dari yang disebut sekarang dengan World Wide Web danberikut server dan browser webnya (sekarang di maintenance oleh World Wide Web Consortium).

Browser Web
Browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software ini kini telah dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis, sehingga pemakai dapat dengan melakukan “point and click” untuk pindah antar dokumen.
Lynx adalah browser web yang masih menggunakan mode teks, yang akibatnya adalah tidak ada gambar yang dapat ditampilkan. Lynx ini ada pada lingkungan DOS dan *nix (keluarga system operasi Unix). Akan tetapi perkembangkan daro browser mode teks ini tidaklah secepat browser web dengan GUI.

(Sumber : Buku “PEMROGRAMAN WEB DENGAN HTML” Revisi Ketiga Penerbit INFORMATIKA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar