Rabu, 04 April 2012

HARDWARE (HARD DISK)

Hard disk Drive (HDD), atau juga biasa disebut dengan hard drive, hard disk, atau Fixed Disk Drive (FDD) adalah media penyimpanan non volatil yang dapat menyimpan data digital dengan cepat dan memiliki permukaan magnetis.


HDD diperkenalkan pada 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting IBM, pada dasarnya dikembangkan untuk komputer dengan keperluan umum. Pada abad 21, kegunaan HDD diperluas dan meliputi banyak kegunaan, seperti sebagai perekam video digital, pemutar audio digital, Personal Digital Assistant (PDA), kamera digital, dan video game. Bahkan, pada perkembangannya saat ini, HDD tidak hanya digunakan pada komputer, tetapi juga mulai merambah dunia telepon seluler.

Macam-macam Hard disk :

• Hard disk IDE
Biasanya device-device seperti floppy disk, hard drive, dan CD-ROM dihubungkan ke komputer melalui perangkat antar muka Integrated Drive Electronics (IDE). IDE pada dasarnya bukanlah nama teknik untuk standar interface. Hard disk IDE merupakan device penyimpanan data yang ditancapkan ke motherboard dengan interface IDE.

• Hard disk SATA
Serial Advance Technology Attachment (SATA) adalah bus primer pada komputer yang didesain untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di dalam komputer.
Keuntungan utama menggunakan hard disk SATA adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan ataupun menambah device selama operasi, kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan udara dapat efisien, dan banyak keunggulan lainnya.

• Hard disk SCSI
SCSI (Small Computer System Interface) adalah perangkat standar ANSI untuk menghubungkan device ke system computer. Pada umumnya device SCSI adalah media-media penyimpan data, seperti hard disk SCSI.
SCSI merupakan alternatif IDE high end. Satu buah kontroler IDE dapat mengontrol dua drive, sedangkan satu buah kontroler SCSI dapat mengontrol sebanyak 8 atau 16 drive.

• Hard disk SAS
Serial Attached SCSI (SAS) adalah teknologi transfer data yang didesain untuk memindahkan data dari dan ke media penyimpanan pada komputer seperti hard drive atau tape drive. SAS adalah serial protocol point to point yang menggantikan bus SCSI paralel yang muncul pertama kali pada pertengahan 1980-an di pusat data, dan menggunakan SCSI standar.

• Hard disk Back Planes
Backplane adalah papan sirkuit yang menghubungkan beberapa konektor secara paralel, sehingga masing-masing pin dalam tiap konektor itu dihubungkan ke pin yang sama pada konektor lain, dan menjadi bus. Sistem komputer yang menggunakan pendekatan seperti ini disebut dengan bus S-100 karena memiliki 100 pin.

(sumber : buku “Antigaptek Hardware Komputer” : Deni Arifianto & Ari Funatik, penerbit kawan pustaka)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar