Rabu, 04 April 2012

TEKNOLOGI WEB

TEKNOLOGI WEB SEBAGAI MEDIA E-COMMERCE
E-Commerce (Electronic Commerce, EC) atau perdagangan via elektronik merupakan metoda menjual dan membeli barang dan jasa/layanan menggunakan media elektronik. E-Commerce identeik dengan E-Business dan sering dipertukarkan.
Karena mengambil bentuk dari transaksi tradisional, pastinya secara konsep tidak ubahnya dengan perusahaan tradisional. Pembedanya dapat dilihat dari transaksi yang dilakukan sekaligus, efisien, cepat dan ringkas.

E-Commerce dapat dijelaskan juga sebagai perilaku transaksi financial dalam konteks elektronik. Transaksi yang dimaksud antara lain mencakup :
• Membeli
• Menjual
• Perdagangan (Trading)
• Pengiklanan (Advertising)

Bentuk-bentuk E-Commerce dapat dibagi kedalam :

• E-tailing (Online Retail Selling) atau “virtual strorefronts” pada website dengan disediakannya catalog online yang disebut pula sebagai “virtual mall”, salah satu bentuk dari B2C (Business to Costumer).
• Mengumpulkan dan menggunakan data secara demografis melalui web kontak.
• Electronics Data Interchange (IDE) – pertukaran data elektronik dengan konsep business to business (B2B).
• Penggunaan E-mail dan Fax dalam menjaring konsumen
• Membeli dan menjual pada konteks business to business (B2B) .
• Sekurits transaksi bisnis.

E-Commerce

Ribuan perusahaan yang menjual produk pada perusahaan lainnya mendapati bahwa web bukan hanya menyediakan display 24 jam. Lebih dari itu, web dengan cepetnya mampu menjaring orang yang tepat dan empertemukan mereka dengan produk yang tepat.
Keamanan mencakup autentikasi transaksi bisnis, akses control pada beberapa sumber seperti halaman web untuk user spesifik, komunikasi terenkripsi yang memastikan privasi dan efektifitas transaksi. Salah satu teknologinye kita kenal dengan istilah Secure Socket Layer (SSL) yang dibangun untuk memastikan keamanan penggunaan web server.
Produk-produk E-Commerce yang lebih “membumi” antara lain jasa jual beli melibatkan penggunaan jaringan computer (mencakup internet) dengan ragam teknologi mulai dari EDI sampai dengan penggunaan E-mail, bahkan membeli minuman menggunakan smart card dapat digolongkan sebagai E-Commerce. Contoh lain misalnya layanan iklan lowongan pekerjaan, iklan baris, lelang online, online shop, dll.

Tujuan E-Commerce :

E-Commerce mampu menangani masalh sebagi berikut :

• Otomatisasi (mengganti proses manual)
• Integrasi (integrasi proses yang meningkatkan efisiensi dan efektivitas)
• Interaksi (pertukaran data dan informasi yang meminimalisasi factor human error)
• Publikasi (melibatkan promosi dan komunikasi produk/jasa)
• Transaksi

Manfaat bagi konsumen :

• Menjelajah market
• Memperbandingkan toko yang satu dengan yang lainnya.
• Waktu yang tidak terbatas.
• Kemudahan (Easy to Use), misalnya pembayaran online via kredit.
• Menghemat uang dan efisiensi waktu
• Barang dikirim langsung ke konsumen, barang digital bahan dapat segera dikirim online, misalnya software dan e-book.

Manfaat bisnis dan manajemen :

• Terbukanya pangsa pasar global. Internet dapat diakses dan ditransmisikan tanpa batasan geografis dan waktu.
• Meminimalisir biaya penyimpanan dan kebutuhan ruang.
• Mengurangi kebutuhan sumber daya manusia.
• Mengurangi biaya komunikasi.
• Meningkatkan keuntungan/profit.
• Loyalitas pelanggan mudah dimenejerial.

E-Commerce selain memunculkan banyak kemudahan, beberapa justru mengangkat kembali problematika yang ada dan memunculkan masalah baru, seperti :

Masalah Sekuritas dan privasi :
• Pencurian informasi
• Jejak dan pola perilaku yng ditinggalkan (hilangny privasi)
• Sulit menentukan apakah suatu website dapat dibilang aman dan transaksi dapat dipercaya.
• Informasi personal menjadi komoditas market

Dampak sosial :
• Perubahan pada cara berkomunikasi dan berkegiatan.
• Kurangnya interaksi langsung dengan individu lain.
• Kemunduran etika bisnis
• Isolasi kontak sosial.

Strategi web

Perusahaan online menggunakan jasa perusahaan pemasaran untuk mengiklankan brand websitenya dan memunculkan berbagai layanan. Salah satuya adalah perusahaan Viteb yang memberikan banyak pilihan dalam mengiklankan produk online. World Wide Web (WWW) menjadi salah satu sasaran utama untuk pemasaran dan tujuan pengiklanan.

Web dan marketing

Internet marketing atau online marketing, internet advertising, E-Commerce, adalah pemasaran produk atau layanan melalui internet yang mampu memberi keuntungan unik untuk minimalisasi budget dan menjangkau distribusi informasi global. Internet marketing dalam ruang lingkup pemasaran basis web kita kenal dengan istilah Web Advertising atau Web marketing.
Internet marketing merupakan kombinasi aspek teknis internet, kreatifitas, desain, pengembangan, periklanan, dan penjualan.

Keuntungan web

Internet marketing tidaklah mahal jika dibandingkan dengan rasio biaya dan target konsumen yang dijangkau. Jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan penggunaan sarana pengiklanan tradisional.
Website dibiarkan secara alamiah sehhingga memungkinkan konsumen memilih produk dan menggunakan cara pembayaran yang lebih nyaman. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Pemilihan website terbaik didasarkan pada :

• Desain
• Kemudahan penggunaan
• Hak cipta
• Interaktif yang dimunculkan
• Teknologi yang digunakan
• Inovasi
• Kontennya.

(Sumber : Buku "Web Marketing" : Feri Sulianta, penerbit Elex Media Komputindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar