Rabu, 13 Oktober 2010

BUDAYAKU VS BUDAYA BARAT



Pada tulisan saya sebelumnya, saya menceritakan tentang "manusia", tapi sekarang saya tidak akan membahas tentang manusia lagi, tapi saya akan memberikan hasil pemikiran saya tentang budaya yang merekat pada diri setiap manusia.

 Setiap manusia memiliki budaya masing masing, budaya dapat didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterprestasikan lingkungan dan pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya.

Kita sering membeda-bedakan antara budaya timur dan budaya barat, kedua budaya ini memang memiliki perbedaan yang sangat kontras, Negara Indonesia sebagai Negara yang masyarakatnya dominan beragama islam menganut budaya timur yang penuh dengan aturan sopan santun, sehingga apabila budaya barat yang dikenal penuh kebebasan masuk ke dalam budaya timur, maka akan timbul bentrokan karena perbedaan antara keduanya.
Banyak faktor yang mempengaruhi masuknya budaya barat ke budaya timur, antara lain : 
  • gencarnya promosi dari mengenai budaya barat yang modern
  • kebebasan berpikir yang terus mencoba  mendobrak aturan yang dianggap tidak rasional
  • perkembangan teknologi yang semakin pesat, dll.
Nah.. jika kita sudah mengetahui tentang faktor-faktor yang mempengaruhi masuknya kebudayaan barat ke dalam budaya timur, ada baiknya kita menjaga diri kita agar tidak terjerumus pada budaya barat yang bisa merugikan kita, dan kita harus selalu belajar untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, serta kita harus bisa memilih pergaulan yang kita jalani.
ingat..!!!! budaya timur adalah budaya yang sudah merekat semenjak kita kecil, kita tumbuh bersama budaya itu, dan hingga kita besar pun kita tetap bersama budaya itu, jadi kita harus bisa menjaga dan mempertahankannya, selama itu baik apa salahnya jika dipertahankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar