Kamis, 28 Oktober 2010

Pemuda dan Identitas

Pada tulisan saya kali ini, saya akan memberikan beberapa pemikiran saya tentang pemuda dan indentitasnya.
Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang dituntut untuk bisa melakukan perubahan pada hal-hal yang dianggap tidak benar sehingga hal tersebut menjadi sesuatu yang benar dan dapat dijadikan inspirasi oleh generasi berikutnya, pemuda merupakan cikal dari perubahan besar baik dalam lingkungannya sampai bangsa dan negaranya. Pemuda dituntut untuk berfikir secara logis dan kritis terhadap apa-apa yang ia hadapi, hal ini di maksudkan agar pemuda dapat menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.
Sikap dan sifat seorang pemuda merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemajuan bangsa, untuk itu perlu adanya bimbingan bagi para pemuda agar pemuda tersebut tidak memilih jalan yang salah. Identitas dapat disebut juga sebagai jati diri, merupakan hal-hal yang menjadi ciri khas dari seseorang. Pemuda dan identitas memiliki keterkaitan, apalagi melihat pentingnya peranan pemuda maka seorang pemuda harus tau tentang identitasnya bukan hanya dengan KTP tetapi juga ia harus tau tentang bagaimana perannya dan bagaimana ia harus bersikap terhadap hal yang ada di dalam dirinya dan juga yang ada disekitarnya.
Permasalahan yang cukup memperihatinkan yaitu mengenai pergaulan dari para pemuda yang semakin lama semakin bebas, sampai sampai pemuda dapat bersikap anarkis dan tidak dapat berfikir logis dan kritis. Misalnya saja pemuda banyak yang terjerumus pada narkoba, banyak pelajar yang sudah tidak bisa menghormati gurunya, banyak anak yang sudah tidak menghormati orang tuanya, dan masih banyak lagi yang lain.
Hal-hal yang sudah disebutkan diatas terjadi karena kurang pahamnya pemuda terhadap indentitasnya yang merupakan penerus bangsa dan teladan yang akan dicontoh oleh generasi berikutnya, untuk menghindari permasalahan tersebut maka perlu lebih ditingkatkan bimbingan bagi pemuda tentang identitasnya sebagai penerus bangsa.
Sekian tulisan saya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca semua. Mohon maaf jika terdapat kekurangan disana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar