Kamis, 21 Oktober 2010

HUBUNGAN INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT


Individu merupakan bagian terkecil dari masyarakat, sedangkan masyarakat adalah kumpulan dari individu yang saling mengadakan interaksi.  Individu dan masyarakat sama-sama saling membutuhkan misalnya saja dalam hal gotong royong. Ada juga yang disebut keluarga yang merupakan populasi terkecil dari masyarakat yang memiliki hubungan kekerabatan.
Menurut pendapat saya, Individu, keluarga dan masyarakat memiliki keterkaitan yang sangat erat,  dalam keterkaitan tersebut tentu saja akan timbul berbagai macam permasalahan baik permasalahan dalam diri individu itu sendiri, keluarga bahkan dalam masyarakat. Permasalahan tersebut timbul karena adnya factor yang mempengaruhi, yaitu :
·        Adanya perbedaan karakteristik
·        Tingkat pendidikan
·        Perbedaan budaya
·        Perbedaan agama
·        Dll.
Faktor-faktor tersebut dapat memicu timbulnya permasalahan didalam hubungan antara individu, keluarga, dan masyarakat.
Permasalahan yang timbul dalam diri individu misalnya masalah psikologi yang terjadi pada dirinya yang dapat mempengaruhi hubungan antara individu tersebut dengan individu lain, contohnya si A dikenal dengan sifat pemalu yang sangat berlebihan bahkan untuk bergaul dengan orang lain, maka si A akan mengalami kesulitan untuk mendapat teman.
Permasalahan yang timbul dalam keluarga misalnya pengaruh keadaan ekonomi kedalam hubungan antara individu dalam satu keluarga. Contohnya pendapatan ayah tidak bisa memenuhi kebutuhan keluarganya, maka sang ibu ikut bekerja agar kebutuhan keluarga dapat terpenuhi. Dengan keadaan tersebut maka si anak akan mengalami kekurangan perhatian dari ibunya.  Kekurangan perhatian bagi si anak akan mempengaruhi sifat yang akan dimiliki si anak tersebut.
Kemudian Permasalahan yang timbul dalam masyarakat, misalnya adanya perbedaan karakter pada setiap individu, karakter setiap individu berbeda satu sama lain, karena Alloh SWT menciptakan manusia dengan sifatnya yang berbeda beda, perbedaan karakteristik akan mempengaruhi cara berfikir yang menimbilkan perbedaan pendapat antar iindividu, dalam masyarakat perbedaan pendapat harus diselesaikan dengan musyawarah yang akan menghasilkan mufakat, tapi ada juga yang tidak bisa menyelesaikan perbedaan itu dengan musyawarah, melainkan dengan perkelahian, pertikaian bahkan sampai peperangan yang itu semua akan menimbulkan kerugian.
Dikarenakan hubungannya yang saling berkitan, maka kita sebagai individu harus dapat menyeimbangkan tingkah laku kita baik dalam lingkunga keluarga maupun dalam lingkungan masyarakat, kita juga harus dapat menentukan sikap dan memilah mana sifat kita yang baik dan mana dari sifat kita yang buruk, agar orang lain tidak berpendapat buruk tentang diri kita.
Jadi intinya kita harus bisa mengenali siapa diri kita dan bagaimana seharusnya kita bersikap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar